Selasa, 04 Januari 2011

Tugas Bab 4

Pengalaman Saya dalam Berorganisasi

Manusia adalah makhluk sosial,dimana saling bergantungan dengan yang lain.oleh maka itu perlu ada interaksi terhadap dalam berkehidupan sosial, dari interaksi tersebut timbul lah banyak keinginan dan kemauan untuk melakukan organisasi yaitu memiliki tujuan bersama,setiap orang seharusnya minimum harus ikut serta berorganisasi karna dalam organisasi kita bisa dapat pengalaman baru antara lain bisa bertukar pendapat dll.Berorganisasi sangat di butuhkan seseorang untuk membangun jiwa kepemimpinan dan juga jiwa kebersamaan yang tinggi,dalam organisasi kita dituntut untuk melakukan kerja sama tim.

Pengalaman saya berorganisasi dimulai dari sekolah yaitu mengikuti OSIS yaitu Organisasi Intra Sekolah yang ada di setiap sekolah, dan dalam perkuliahan mengikuti organisasi kampus/universitas.Dalam berorganisasi saya harus dituntut untuk bertanggung jawab atas suatu jabatan atau tugas yang saya emban.Dalam organisasi tanggung jawab diperlukan dalam menjalankan program dan tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai,dalam berorganisasi sangat banyak pengalaman yang kita dapatkan yang sangat berguna bagi dunia bekerja kita nantinya.

Cara menyelesaikan konflik dalam organisasi

Sesuai dengan kata pepatah “Semakin tinggi suatu pohon semakin kencang juga angin terhadap pohon tersebut” sama seperti halnya suatu organisasi semakin besar organisasi tersebut maka semakin banyak masalah dan konflik yang dihadapi oleh organisasi tersebut.

cara menyelesaikan konflik dalam berorganisasi

Konflik organisasi adalah perbedaan pendapat atau pertentangan antara dua atau lebih individu-individu atau kelompok-kelompok atau unit-unit kerja dalam organisasi yang timbul karena adanya kenyataan bahwa mereka harus membagi sumber daya yang terbatas dalam aktivitas kerja dan kenyataan bahwa mereka memiliki tujuan, nilai, persepsi, dan interes yang berbeda. Konflik dalam organisasi ditandai dengan ciri-ciri;

a) terdapat perbedaan pendapat yaitu pertentangan antara individu atau kelompok,

b) terdapat perselisihan dalam mencapai tujuan disebabkan adanya perbedaan persepsi dalam menafsirkan program organisasi,

c) terdapat pertentangan norma dan nilai-nilai individu atau kelompok,

d) adanya pertentangan sebagai akibat munculnya gagasan – gagasan baru dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif,

e) adanya sikap dan prilaku saling menghalangi pihak lain untuk memperoleh kemenangan dalam memperebutkan sumber daya organisasi yang terbatas.

Penyebab konflik: distorsi informasi akibat modifikasi pesan, ambiguitas akibat penggunaan bahasa yang tidak jelas dan kebohongan.

Cara menyelesaikan konflik dalam organisasi

1.Perlunya sifat kebijaksanaan pada setiap pengurus dan anggota organisasi,

Sangat perlu jika konflik berada dalam internal organisasi tersebut,dimana pengurus bisa membuat keputusan yang adil dalam mengambil keputusan

2.Saling menghargai sesama anggota,apalagi jika terjadi perbedaan pendapat atau pandangan

3.Hendaknya masalah-masalah pribadi tidak dibawa dalam organisasi,karna dapat menyebabkan masalah semakin luas.

4.Menyelesaikan konflik/masalah hendaknya dimusyawarahkan pada setiap pengurus dan anggota organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar