Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana
seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik.
Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas
sistem tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang
tidak lagi digunakan.Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung
antara sistem dan cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki
makna yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik
ke perilaku yang mereka picu pada sistem.
Karakteristik TUI:
1. Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang
mendasari.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan dengan representasi digital
secara aktif dimediasi.
4. Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital
sistem
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii,
seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group.
visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu memberikan
bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit-bit nya dapat di maniplulasi
secara langsung dan terlihat jelas. Tangible bits mengejar kesamaan antara dua
dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit dan atom.
Jadi secara harfiah nya tangible user interface (TUI) adalah sebuah
system digital yang membuat sebuah benda menjadi nyata,dapat di sentuh di raba
dan memiliki bentuk.
Penerapan Tangible User Interface
- Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse.
Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang
sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi
objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut memiliki hubungan
yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem, misalnya misalnya pointer
bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse maju. Teknologi ini membuat menjadi
sangat mudah untuk menguasai perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi
tangan dan mata.
- Siftables
merupakan perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki
bentuk menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki
jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama
lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable
lain berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
- Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni
untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan
menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana
satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau
membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama
lain, pemain dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer,
efek, loop sampel atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang
unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan
mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya.
Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar,
memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable,
mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
- Microsoft Surface
merupakan sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan
pengguna untuk berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang
menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh,
tetapi teknologi ini juga dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan
dapat mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana
kita dapat memanipulasinya.
- Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering Machine
(Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer merupakan suatu pesan
yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di atas meja sistem
dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat
mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y hanya sebagai salah satu
program yang akan di cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan
sistem pengenalan isyarat.
Sulit untuk melacak dan mengabaikan jumlah yang berkembang pesat dari
semua sistem dan alat, akan tetapi sebagian besar dari vendor tampaknya hanya
memanfaatkan teknologi yang tersedia dan terbatas dengan beberapa eksperimen
awal dan melakukan tes dengan beberapa ide dasar atau hanya mereproduksi sistem
yang telah ada. Beberapa dari vendor berkiprah pada interface dan dikerahkan
pada ruang publik atau lebih cenderung dalam instalasi seni.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Tangible_User_Interface
http://www.bluehaired.com/2010/05/what-are-tangible-user-interfaces-2/
http://mgitecetech.wordpress.com
http://t0.gstatic.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar