Senin, 26 Maret 2012

Wirausaha Mandiri Mahasiswa

Wirausaha Mandiri Mahasiswa

Latarbelakang

Di zaman sekarang semakin kecilnya kesempatan mendapatkan lowongan pekerjaan membuat banyak mahasiswa berusaha membuka wirausaha kecil-kecilan yang bertujuan membuka lapangan perkerjaan bukan sebaliknya untuk mencari lapangan pekerjaan.

ISI

Wirausaha Muda Mandiri atau Wirausaha Mandiri yang umum disingkat WMM merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, yang fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Pelaksanaan program ini dilatarbelakangi dari keprihatinan Bank Mandiri terhadap besarnya jumlah pengangguran di Indonesia, terutama dari kalangan generasi muda.Program Wirausaha Muda Mandiri bertujuan untuk mengubah pola pikir mahasiswa maupun kaum muda lainnya agar mau melakukan wirausaha, sehingga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan kerja . Program Wirausaha Muda Mandiri meliputi penghargaan, workshop, beasiswa, dan modul kewirausahaan.Disini pentingnya dukungan kampus sebagai penyedia sarana pembelajaran buat mahasiswa dan menggali potensi-potensi mahasiswa.

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan kewirausahaan diharapkan dapat menjadi modal agar kelak para mahasiswa ini bisa membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia dan membantu perekonomian bangsa. Akan tetapi, juga memberikan peluang pada upaya eksploitasi soft skill para mahasiswa, yakni menggali serta menetaskan potensi bakat keterampilan yang terpendam dalam diri mereka. Alasan ini kampus dapat berperan mengadakan materi ini masuk dalam setiap Program Studi Mata Kuliah Kewirausahaan, yang diterima mahasiswa sejak semester pertama. Dari sistem pendidikan semacam ini diharapkan akan lahir dan tumbuh generasi yang utuh, yang tidak hanya menguasai ketrampilan ilmu pengetahuan saja, melainkan juga menguasai ketrampilan berusaha, entrepreneurship sesuai dengan potensi dan kelebihan bakat yang ada didalam diri mereka.

KESIMPULAN/SARAN

Pendidikan kewirausahaan pada generasi muda dan mahasiswa diharapkan mampu menggali bakat dan keterampilan usaha para mahasiswa menjadikan mereka sosok yang kritis, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, perlu disiapkan program-program yang mengarahkan mahasiswa agar mandiri dalam berkreasi, berani dalam mengambil dan menghadapi risiko. Dengan memasukkan pendidikan kewirausahaan ke dalam sistem pendidikan, para mahasiswa akan lebih mampu berkreasi, mampu beraktualisasi atas skill yang mereka miliki, terlatih mengambil keputusan serta memiliki leadership skill, dalam melakukan usaha yang mereka minati.Diharapkan kampus sebagai media pendorong dan memotivasi mahasiswa menemukan bakat serta keahliannya dalam berwirausaha sehingga menciptakan mahasiswa yang dapat membuka lowongan perkerjaan ketika mereka lulus dari universitas.

Sebagian dikutip dari:http://id.wikipedia.org/wiki/Wirausaha_Muda_Mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar